Penjara Tempat Penyiksaan di Ruang Bawah Tanah

penjara tempat penyiksaan di ruang bawah tanah

Penjara Kalisosok menjadi salah satu bangunan tua di kota Surabaya. Penjara ini terletak di Jalan Kalisosok, tepatnya di sekitar JMP. Saat penjara tempat penyiksaan di ruang bawah tanah dibangun di zaman itu.

Bangunan ini digunakan oleh Belanda untuk menjadi tempat menahan tahanan. Serta untuk menahan pergerakan pemimpin Indonesia. Dalam Penjara Kalisosok ada juga dungeon, yang digunakan sebagai tempat penyiksaan tahanan.

“Kalisosok dibangun pada tahun 1808 seperti yang dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman Willem Daendels,” jelas sejarawan di Surabaya, R.N. Bayu Aji.

Menurut Bayu Aji, penjara Kalisosok sebelumnya digunakan untuk penahanan narapidana dan tahanan juga pergerakan pemimpin Indonesia. Terkenal juga penjara bawah tanah sebagai tempat penyiksaan.

“Tidak pernah digunakan untuk pasca-1965 tahanan tahanan politik sebelum dipindahkan ke Buru dan reklamasi,” kata dosen Unesa.

Sekarang, hubungkan Bayu Aji, Kalisosok di dinding sisi luar dihiasi dengan mural dan graffiti yang mendapat ramai dan membuat gambar wisatawan (Instagramable). Saat ini tidak ditempati penjara Kalisosok untuk menahan tahanan, tapi kosong.

“Para tahanan dipindahkan ke penjara dan pemasyarakatan Medaeng Porong. Sekarang Penjara Kalisosok telah digunakan sebagai warisan budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya,” katanya.

Sementara Kota Surabaya Pemerintah Kabag Humas, M Fikser, menyatakan Penjara Kalisosok adalah salah satu bangunan yang agen bola memiliki nilai sejarah di Kota Pahlawan. Benar jika penjara tempat penyiksaan di ruang bawah tanah sangatlah menakutkan.

“Ada rencana dari pemerintah kota di sana (untuk digunakan sebagai tempat wisata),” jelas pria asal Papua.

Nama Kalisosok sendiri diambil dari nama sebuah daerah di Surabaya Utara, tepatnya terletak di utara Jalan Rajawali. Bagian Kalisosok masuk penjara terlihat masih sangat kuat. ruang kantor atasnya dengan penjaga penjara.

Untuk ketinggian dinding pagar sekitar 3 meter. Kalisosok penjara itu sendiri dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektare. Banyak pemimpin yang dipenjara Kalisosok perjuagan antara WR Supratman dan Kiai Haji Mas Mansur dan HOS Tjokroaminoto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *